SUPLEMEN
Gereja yang Berkuasa di Dunia

Post : Senin, 23 Maret 2015 by : Santoso H

Semua yang terjadi hari-hari ini , baik secara ekonomi, politik, sosial dan spiritual menjelaskan mengenai Akhir zaman, umat Tuhan saat ini hidup di hari yang terkhir bahkan hidup di jam yang terakhir dari akhir zaman. Dunia akan mengalami Krisis Global dan Krisis multidimensi, hal ini menyebabkan semua bangsa akan mengalami keputusasaan dan mencari jawaban. Ditengah situasi zaman seperti ini , maka Gereja harus bangki tmenjadi terang dan memberi jawaban.

Gereja seperti apakah yang harus dibangun sebelum kedatangan Tuhan, Firman Tuhan menubuatkan dalam Yesaya 2:2-3

"Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berduyun-duyun ke sana,dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Tuhan Yesus menyatakan apa yang harus dibangun seperti yang Firman Tuhan katakana dalam Matius 16:18-19

"Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Firman Tuhan di atas menjelaskan mengenai Gereja yang harus dibangun, yaitu Gereja sebagai Ecclesia sebagai dewan kota yang akan membawa perubahan bagi kota dan bangsa. Gereja harus menjadi "learning center" , agar setiap pribadi sebagai imamat rajani harus diarahakan kepada visi surgawi dan memiliki spirit, culture Kerajaan Allah.

Hubungan sebagai keluarga rohani harus menjadi hal utama dibandingkan dengan yang lainnya,yaitu hubungan DNA rohani, karena ini Rumah Tuhan maka Tuhanlah yang menjadi pusatnya, Dialah Bapa yang sempurna harus menjadi sumber inspirasi, sumber kekuatan dan sumber pengaharapan dalam semua yang dilakukan.

Ecclesia Seperti apakah yang harus dibangun?

#1 Rumah Tuhan

Rumah Tuhan, Tuhan lah yang menjadi pemilik tunggal rumah-Nya, hal ini mengungkapakan mengenai Kepemimpinan dan Pemerintahan Gereja. Gereja harus. memiliki atmosfir sebagai Rumah Tuhan yaitu Gereja yang memiliki Covenant satu dengan yang lain, Gereja harus melahirkan jiwa ,menanamkan visi, memberikan covering rohani, dan memberikan makanan rohani yang segar kepada setiap anak-anak rohani yang dipercayakan dalam rumah-Nya.

#2 Diatas Gunung

Diatas Gunung, menunjukan kepada posisi untuk membangun rumah Tuhan yaitu di atas Gunung : hal ini menjelaskan mengenai Iman, memandang ke salib-Nya, keintiman dengan Tuhan, pewahyuan yang segar dan umat Tuhan harus hidup dalam panggilan-Nya atau domain yg Tuhan sudah tetapkan. Inilah kunci-kunci Kerajaan surga yang harus dimiliki.

#3 Berdiri Tegak

Berdiri Tegak, menjelaskan mengenai Kokoh dan kuat karena memiliki Fondasi, dengan melakukan Firman Tuhan dan memiliki material seperti yang disebutkan dalam 1 korintus 3 , yaitu dengan menggunakan mas, perak dan permata bukan dengan kayu, rumput dan jerami. Hal ini menjeleaskan mengenai budaya Kerajaan Allah.

#4 Menjulang Tinggi

Menjulang Tinggi, menjelaskan mengenai menaklukan dan berkuasa dengan buah hidup dan karya yang luar biasa karena excellence spirit yaitu karena Roh Kudus. Tuhan berjanji, jika ada umat-Nya seperti yang dinubuatkan hampir 3000 tahun yang lalu melalui nabi Yesaya. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun datang untuk mencari pengajaran dan firman Tuhan.

Tahun 2015 sebagai tahun Kepenuhan Kristus (Kemenangan dan penggenapan Nubuatan Firman Tuhan dalam Kristus) menantang kita untuk menjadi bagian dari Ecclesia yang dia sedang bangun sebelum kedatangan-Nya.

Sumber :
Pdt. Ir. Rachmat T. Manullang, M.Si, M.Th

Saudara-saudari, sangatlah jelas dapat dimengerti bahwa ada Firman Tuhan sebagai jaminan bahwa kita sebagai gereja Tuhan yang masih menetap di bumi untuk menjadi orang-orang yang berpengaruh dengan kuasa yang diberikan di bidang kita masing-masing. Seharusnya tidak ada lagi rasa tidak percaya diri atau pesimistis meresponi situasi dan kondisi dunia yang kacau balau dan jauh sekali dari norma-norma kehidupan manusia.

Sebab ada kekuatan yakni kuasa untuk melawan arus, mengubah yang tidak bernilai menjadi bernilai, mengubah kemiskinan sosial dengan kemakmuran, mengentaskan sakit-penyakit dengan kesembuhan secara sistemik (melalui penyuluhan dan penyediaan fasiitas kesehatan yang layak), mendamaikan antar kelompok yang berkonflik serta banyak hal yang lewat gereja Tuhan bisa terjadi transformasi kehidupan dan transformasi bangsa.

Misi Kerajaan Tuhan selalu dibuktikan kehadiran-Nya di bumi dengan buah-buah atau prestasi pelayanan yang dapat dinikmati semua kalangan. Ini waktunya yang sangat penting sebagai gereja, bahwa gereja bukan sekedar menghadiri ibadah minggu atau komsel atau pembinaan demi pembinaan iman, tetapi ada hal yang menjadi indikator gereja Berkerajaan Allah adalah berbuah atau berkarya nyata dengan Injil yang termanifestasikan mulai di rumah tangga sampai ke semua bidang kehidupan.

Tuhan ingin sekali adanya percepatan pergerakan Misi di bumi , karena situasi dan kondisi dunia yang menandakan ciri-ciri akhir zaman seperti Alkitab tuliskan (2 Timotius 3).

Matius 24:14
Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Semua hal di atas hanya dapat terjadi jikalau kita sebagai gereja Tuhan di bumi memiliki pemahaman yang sama bahwa gereja telah diberikan otoritas untuk berkuasa di bumi ("To have dominion"- Kejadian 1:28).

"Jadilah gereja yang berkuasa, bukan dikuasai".

Tuhan Yesus memberkati.

VIDEO