DEVOTION
TUHAN YANG BERDAULAT

Post : Jumat, 13 Maret 2020 by : Mangatas Simanjuntak

Kel 12:36 ; Ams 16:33

Satu hal yang harus kita terima, mungkin sulit kita pahami bahwa kita ini ciptaan Tuhan dan Dia berdaulat, Dia tuan atas kehidupan kita. Sadar atau tidak, setuju atau tidak setuju, hanya Dia yang berdaulat atas kehidupan kita, dan tanpa tunduk kepada kedaulatanNya hidup kita akan kehilangan tujuan akhir, dalam kedaulatannya ada kekuatan, pemeliharaan dan pertolongan. Tetapi dibalik kedaulatannya, Dia memberi kehendak bebas kepada kita. Ada kesempatan untuk memilih dalam kehendak bebas yang Tuhan berikan kepada kita.

Tuhan menciptakan kita bukanlah sebuah robot, tetapi pribadi yang punya akal dan budi. Alkitab menceritakan bagaimana Tuhan memiliki rencana dalam alam semesta dan semua isinya termasuk manusia. Rencana Tuhan ini benar-benar direncanakan Allah dalam kemahakuasaanNya, dan Tuhan dalam kedaulatanNya sanggup mengerjakan rencana-Nya bagi ciptaan-Nya, dan tidak ada satupun yang sanggup menggagalkannya, artinya akhir dari semua ciptaanNya ada dalam ketentuan Tuhan.

Melawan rencana Allah tidak ada gunanya, apa yang biasanya disebut sebagai "kesempatan, kebetulan atau takdir" semuanya ada di bawah kedaulatan Tuhan, yang kita tidak bisa selami. Seperti Amsal 16:33 menjelaskan bahwa undi dibuang di pangkuan, tetapi setiap keputusannya berasal dari pada TUHAN, artinya Tuhan benar-benar melihat dan memperhatikan dan menetapkan apa yang terjadi, Dia berdaulat atas semuanya.

Percayalah bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini dibuat terjadi sesuai dengan tujuan Allah, hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkan-Nya ke mana Ia ingini dan dalam kondisi sebagai budak di Mesir dan dibawah kejamnya Firaun, Tuhan bekerja dalam hati orang Mesir agar bermurah hati kepada orang Israel.

Percayalah apapun kondisi yang kita alami saat ini, tetaplah percaya dan berharap kepada Tuhan, Tuhan yang berdaulat atas segala sesuatu, dan Dia sanggup memakai keadaan yang kita sedang hadapi untuk membawa kita kepada tujuanNya, menikmati janjiNya.

https://free-hit-counters.net/
VIDEO
RECENT DEVOTION

LIVING WORD - Firman Yang Hidup

Living Word adalah Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa. "Mengapa hidup dan berkuasa?" Karena perkataannya atau pesan berasal dari Allah yang hidup dan berkuasa. yang diberikan kepada kita umatNya....

IMAN BUKAN PERASAAN

Kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan, kita harus hidup berjalan dalam Iman. Orang percaya berjalan dalam iman bukan oleh perasaan. Rasa penting tetapi kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan....

AUDIO SERMON