DEVOTION
TAKDIR

Post : Senin, 9 Maret 2020 by : Mangatas Simanjuntak

Fil 3:18-21

Hari ini kita merenungkan sesuatu yang sering dibicarakan, terkadang penuh perdebatan yaitu takdir atau sering disebut kita sebut nasib. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, takdir atau nasib di terjemahkan sebagai ketetapan atau ketentuan Tuhan dan dalam Bahasa Inggris biasa disebut destiny atau determined. Takdir biasanya dianggap sebagai sebuah rangkaian peristiwa yang telah diatur sebelumnya di luar kendali manusia, sesuatu yang tidak dapat diubah.

Dengan pemahaman demikian pada umumnya mereka bersikap kalau memang takdir tidak bisa diubah apa gunanya berupaya atau berusaha? Jadi apapun yang terjadi, terjadilah, dan bersikap pasip tidak melakukan apapun untuk merubahnya, hal ini dikenal dengan fatalism dan bukan pola pikir yang alkitabiah tentang takdir. Alkitab mengajak kita untuk mengalami perubahan hidup "nasib" yaitu dengan mempercayai Firman Tuhan, seperti yang disampaikan Yesus kepada Tomas dalam Yoh 20:27 "...jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah".

Alkitab mengajarkan bahwa manusia diciptakan dengan kemampuan yang luar biasa, diciptakan segambar dan serupa dengan Tuhan, artinya dia memiliki kemampuan untuk bertindak dan bertanggungjawab sesuai dengan standard yang Tuhan berikan, termasuk mentaati semua perintah Tuhan dan batasan untuk memilih serta memahami resiko terhadap pilihannya.

Mereka sungguh mengetahui akibat dari pilihan mereka sebelumnya, dan mereka dituntut pertanggung-jawabannya. Alkitab menjelaskan bahwa orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus, kesudahan "akhir atau takdir" mereka ialah kebinasaan, dan kalau kita percaya kepadaNya kita yang hina ini akan diubahkanNya menjadi serupa dengan Dia penuh kemuliaan menurut kuasaNya.

Menjadi serupa dengan Kristus itulah tujuan Tuhan atau takdir dalam hidup kita.

Get free Hit Counters
VIDEO
RECENT DEVOTION

LIVING WORD - Firman Yang Hidup

Living Word adalah Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa. "Mengapa hidup dan berkuasa?" Karena perkataannya atau pesan berasal dari Allah yang hidup dan berkuasa. yang diberikan kepada kita umatNya....

IMAN BUKAN PERASAAN

Kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan, kita harus hidup berjalan dalam Iman. Orang percaya berjalan dalam iman bukan oleh perasaan. Rasa penting tetapi kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan....

AUDIO SERMON