DEVOTION
STANDARD MORAL - Pembatasan Hidup

Post : Kamis, 26 Juli 2018 by : Santoso S. Hutabarat

Ulangan 27:3

Di Gunung Sinai Tuhan memberikan 10 Hukum Taurat sebagai standar kehidupan bagi bangsa Israel agar tetap di dalam rencana Tuhan semula. 10 Hukum Taurat sebagai panduan untuk hidup disiplin untuk bangsa Israel yang tidak mudah belajar disiplin. Di satu sisi , Israel menjadi harta kesayangan Tuhan, dan di sisi lain bangsa Israel perlu dididik oleh Tuhan untuk memiliki hati yang lemah lembuh dan rendah hati supaya dapat memahami arti menjadi harta kesayangan Tuhan. Satu hal yang menjadi krisis dalam diri bangsa Israel adalah bukan makanan dan minuman tetapi kelembutan hati.

"Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain; sebab: Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." (I Pet 5:5b)

Kepemimpinan kristen mengajarkan kepada kita bahwa sifat kehambaan yang identik dengan kerendah hatian menjagai seseorang dari jebakan 'keserakahan kekuasaan' atau sifat 'otoriter'. Tuhan Yesus sang pemimpin rohani yang inspiratif telah menjadi teladan dalam pengembangan sikap ini. Sebelum menjadi pemimpin dunia, Yesus terlebih dahulu bersedia dipimpin oleh Bapa. Dia merelakan diriNya untuk melakukan perintah Bapa selama ada di bumi.

Sebagai orang Kristen, sifat saling menundukkan diri sangat diperlukan dalam kehidupan dari gereja Tuhan. Sebelum anda menjadi pemimpin, terlebih dahulu anda haruslah bersedia dipimpin orang lain. Agar dengan demikian anda bisa belajar pembentukan hati dan hidup anda. Orang sukses adalah orang yang bersedia dipimpin orang lain.

<