DEVOTION
Mimpi & Respon Iman

Post : Senin, 19 September 2016 by : Santoso H

Kejadian 37:5-10

Allah adalah pribadi yang Setia, Dia adalah Setia, bukan pribadi yang mengenakan Kesetiaan. Itu adalah dua kondisi yang berbeda. Kemanapun dan dalam zaman apapun Allah tetaplah setia. Bahkan sekalipun manusia tidak setia, Allah tetap setia (2 Tim 2:13). Mengapa Tuhan Setia? Untuk apakah Tuhan menyatakan KesetiaanNya kepada manusia pilihanNya?

Mari kita lihat. Tuhan tidak obral dengan KesetiaanNya. Kesetiaan Tuhan berharga sangat tinggi, sangat mulia dan sangat agung. Sehingga yang sebenarnya kita yang berdosa tidak layak mendapatkannya. Tuhan Setia, karena manusia diciptakan segambar dan serupa dengan GambaranNya (Imago Dei - Kej 1:26-27) dan diberi tugas untuk berkembang biak dan berkuasa di bumi (Kej 1:26-28).

Lihatlah Yusuf, anak Yakub. Sangat jelas Tuhan begitu setia kepadanya, karena Tuhan mempunyai rencana untuk Yusuf yang telah dinyatakan lewat mimpi Yusuf. Bagi Yusuf, hal demikian bukanlah mimpi biasa, bukan mimpi tanpa makna yang baik.

Dengan respon yang ditunjukkannya kepada ayah dan ibu dan saudara-saudaranya serta pengujian hidup di dalam masa remajanya serta pembuktian mimpi lewat pencapaian di Mesir (Kej 45:5), Yusuf sungguh memiliki respon iman yang benar. Ketika Yusuf berespon dengan iman terhadap mimpinya, maka Tuhan menilai keputusan Yusuf sebagai cara Tuhan untuk menyatakan penyertaanNya dalam bentuk kasih dan setiaNya (Kej 39:17-21).

Kita tidak boleh salah menilai dan menyadari akan kasih dan setia Tuhan dalam kehidupan kita. Ukuran kesetiaan Tuhan bukanlah semata-mata dilihat dari harta, benda, posisi dan reputasi yang kita peroleh, tapi terlebih utama, apakah pencapaian-pencapaian target dalam hidup kita seturut dengan kehendak Tuhan atau tidak.

Mimpi dan respon iman terhadap firman Tuhan adalah menjadi syarat untuk kita bisa menyadari dan merasakan kesetiaan Tuhan. Dan juga seharusnya kitapun setia berjalan dalam ketaatan seturut dengan iman kita.

RECENT DEVOTION

Mengenal Gembala

Domba adalah hewan yang penurut dan ramah. Tadinya saya pikir hanya anjing yang bisa memiliki nama dan datang ketika kita memanggilnya. Ternyata domba juga demikian.

Bapa yang Baik, Bapa yang Sempurna

Alkitab mengajarkan bahwa, mengenal Tuhan dengan benar adalah hal yang begitu penting. Dalam Hosea 4:6 dikatakan: Umat-Ku binasa

Yesus Sang Raja Kemuliaan

Raja Kemuliaan itu adalah Tuhan Yesus, sebagai sang Mesias. Ketika Yesaya berbicara tentang kedatangan Yesus Kristus, ia bernubuat bahwa di dalam Kristus kemuliaan Allah akan dinyatakan untuk dilihat

Kasih Sejati

Secara umum orang merayakan Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2016. Apakah peringatan ini sebagai suatu hal yang positif? Valentine diambil dari nama seorang pendeta katolik yan bernama Santo Valentinus.

VIDEO