DEVOTION
Lahirnya Para Pahlawan

Post : Senin, 09 November 2020 by : Rudy Langitan

Hakim-hakim 1:1-12

Kata Pahlawan menurut kamus KBBI adalah "orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Dalam situasi yang sulit dan penuh tantangan, penuh ketidakadilan dan ketidakbenaran, selalu akan memunculkan (melahirkan) para pahlwan. Dalam Hakim-hakim 6, Sebagai jawaban atas teriakan minta tolong orang Israel (karena situasi yang terjepit, kemiskinan dan penindasan), Allah mengirimkan seorang nabi yang memberitahukan kepada orang Israel tentang apa yang telah Allah perbuat bagi mereka dan bagaimana mereka telah begitu tidak taat kepada-Nya. Orang Israel tidak taat, tetapi mereka pada akhirnya mau bertobat.

Sehingga dalam ayat 11 kita membaca "Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani!" Acap kali situasi yang sulit dan tidak mudah dipakai Allah, untuk umatnya bertobat dan berbalik dari jalannya yang jahat, dan kemudian memanggil para pahlawan-Nya yang gagah perkasa untuk maksud penyelamatan.

Dalam kisah pagi ini, Allah memanggil seorang yang bernama Gideon sebagai seorang pahlawan. Menemukan atau memanggil para pahlawan adalah inisiatif Allah, bukan manusia. (bukan kamu yang memilih tetapi AKUlah yang memilih kamu - Yoh 15:16). Ditengah situasi hari ini, gereja harus berseru supaya apa yang pernah dialami orang Israel dalam renungan pagi ini, terjadi atas gereja.

Saat ini waktu yang terbaik bagi gereja untuk berseru memanggil para pahlawan Allah untuk menggenapi rencana Allah atas gereka dan dunia. Siapkan saudara?

VIDEO
RECENT DEVOTION

LIVING WORD - Firman Yang Hidup

Living Word adalah Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa. "Mengapa hidup dan berkuasa?" Karena perkataannya atau pesan berasal dari Allah yang hidup dan berkuasa. yang diberikan kepada kita umatNya....

IMAN BUKAN PERASAAN

Kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan, kita harus hidup berjalan dalam Iman. Orang percaya berjalan dalam iman bukan oleh perasaan. Rasa penting tetapi kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan....

AUDIO SERMON