DEVOTION
KESEPAKATAN

Post : Senin, 16 November 2020 by : Santoso S. Hutabarat

Keluaran 17:8-10

Di alam beberapa ayat Alkitab di atas, terlihat bahwa Bangsa Israel sedang menghapi satu suasana krisis yakni pertempuran melawan bangsa Amalek. Bangsa Amalek adalah ikatan dari beberapa suku yang dipimpin oleh para Raja. Bangsa ini dikenal sebagai bangsa yang jahat, bengis dan suka berperang. Bagi Bangsa Amalek, ini adalah pertempuran perdana melawan bangsa Israel.

Tetapi, bagi Musa sebagai pemimpin, dia tidak takut dan gentar menghadapi musuh, karena Musa menyadari dan percaya bahwa Musa dan bangsa Israel sedang dalam perjalanan Iman menuju Tanah Kanaan, sebagai Tanah Perjanjian bagi bangsa Israel. Sehingga melalui Musa, terjadi gerakan kesepakatan antara Yosua, Hur dan Harun untuk melawan bangsa Amalek. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena iman yang sama di dalam mereka akan menyatukan hati, pikiran, perasaan dan tindakan yang cepat dan terorganisir dengan baik. Itulah kesepakatan.

Dalam kehidupan komunitas, terkadang mudah memulai satu kesepakatan, tetapi sulit untuk mempertahankannya. Permasalahan seperti ini bisa saja terjadi di dalam rumah tangga, tim kerja atau komunitas pertemanan. Pengalaman Musa dan tim, menjadi bahan evaluasi buat kita, bahwa kesepakatan yang langgeng adalah kesepakatan karena memiliki pengetahuan, perasaan dan tindakan yang sama yang terbentuk karena Iman kepada Janji-janti Tuhan.

Sekalipun banyak aral rintangan atau tantangan yang datang dari luar komunitas dan bahkan juga datang dari dalam komunitas, kunci hanya satu yakni Iman yang sama kepada Tuhan yang sama yakni Yesus Kristus. Jadilah sepakat karena janji-janjiNya yang menyatakan kepada kita.

VIDEO
RECENT DEVOTION

LIVING WORD - Firman Yang Hidup

Living Word adalah Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa. "Mengapa hidup dan berkuasa?" Karena perkataannya atau pesan berasal dari Allah yang hidup dan berkuasa. yang diberikan kepada kita umatNya....

IMAN BUKAN PERASAAN

Kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan, kita harus hidup berjalan dalam Iman. Orang percaya berjalan dalam iman bukan oleh perasaan. Rasa penting tetapi kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan....

AUDIO SERMON