DEVOTION
KEBERSAMAAN YANG KUAT

Post : Minggu, 20 September 2020 by : Santoso S. Hutabarat

I Kor 12:12-14

Kebersamaan umat Tuhan adalah kebersamaan yang menggerakkan orang percaya untuk saling melayani. Inilah prinsipnya. Tidak ada seorangpun yang ada dalam tim hanya menonton dan diam. Jika suasana ini terjadi, maka telah terjadi perlawanan terhadap kodrat kesatuan Tubuh Kristus. Di dalam I Korintus 12 tersebut Pelayanan Satu Tubuh, dimana di dalamnya ada anggota-anggota tubuh yang memiliki status dan fungsi yang berbeda-beda tetapi saling bekerja sama dan saling melengkapi secara terorganisir, layaknya system tubuh manusia. Dalam tubuh manusia ada pusat kendali syaraf tubuh yakni di bagian otak manusia. Sistem kendali bekerja menghubungkan masing-masing organ tubuh secara harmonis untuk menyelesaikan satu kegiatan.

Kebersamaan umat Tuhan hanya bias tercapai jikalau beberapa hal ini dipahami dan diterapkan dalam kehidupan pribadi :
- Memiliki visi kesatuan : kesatuan untuk menjadi saksi Kristus di dunia.
- Mengenali talenta/potensi diri masing-masing dan bersedia menggunakannya untuk kepentingan bersama.
- Kasih Kristus menjadi landasan untuk saling melayani sesuai talenta atau potensi diri (karunia).
- Jangan membuka diri pada semangat persaingan (menjatuhkan orang lain, dengan mengganggap rendah karunia rohani/kemampuan/peran orang lain dalam tim).
- Berpikirlah : anggota tubuh tidak dapat hidup di luar tubuh (kematian) (Ibr 10:25). Anggota ditakdirkan harus selalu ada dan bekerja di dalam tubuh Kristus. Jikalaupun ada konflik diantara anggota, jangan pernah berpikir untuk meninggalkan komunitas karena hal itu hanyalah sebuah kerugian yang besar. Selalu belajar berespon benar terhadap konflik atau fase badai yang anda alami.

Jadilah bagian dari Rumah Rohani anda secara proaktif. Lepaskan karunia anda untuk saling melayani agar hubungan anda menjadi kuat dengan anggota keluarga rohani anda.

Coronavirus USA
VIDEO
RECENT DEVOTION

LIVING WORD - Firman Yang Hidup

Living Word adalah Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa. "Mengapa hidup dan berkuasa?" Karena perkataannya atau pesan berasal dari Allah yang hidup dan berkuasa. yang diberikan kepada kita umatNya....

IMAN BUKAN PERASAAN

Kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan, kita harus hidup berjalan dalam Iman. Orang percaya berjalan dalam iman bukan oleh perasaan. Rasa penting tetapi kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan....

AUDIO SERMON