DEVOTION
DIANTARA 2 PILIHAN

Post : Jumat, 05 Juni 2020 by : Santoso S. Hutabarat

Yoh 8:1-11

Saya pernah membaca satu tulisan "Pasrah tapi tak rela" pada sebuah kaca depan sebuh truk. Saya tidak mengerti maksudnya. Tetapi kemudian di pikiran saya muncul pikiran bahwa ada orang yang mengalami tekanan dan masalah hidup dengan sikap pasrah (tanpa perlawanan) tetapi juga tidak rela menerima kenyataannya. Bagaimanakah jikalau ini terjadi dalam hidup kita?

Ketika di teman Getsemani, Yesus berdiri diantara dua pilihan yakni menolak “cawan penderitaan" atau menerima dan meminumnya? Dengan respon yang menakutkan dan tertekan Yesus sangat bergumul

lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah." Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya. (Mark 14:34-35)

Secara manusia Yesus mungkin dapat pasrah menerima amanat penyaliban ini tetapi tidak rela menerimanya. Ekspresi manusiawi Yesus menunjukkan respon diri yang emosional. Tetapi kehendak Bapa yang dilandasi belas kasihan akan dunia ini sehingga Yesus harus memilih menerima dan meminum "cawan penderitaan".

Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki." (Mark 14:36)

Akhirnya Yesus menjadi pasrah dan rela, karena Yesus sangat mengerti tujuan kematianNya di kayu salib.

Pengertian akan selalu menjunjung kebenaran akan memberikan kekuatan untuk bertindak diantara dua pilihan yang sulit jikalau kita percaya ada kehendak Tuhan di dalamnya.

freeHitCounters
VIDEO
RECENT DEVOTION

LIVING WORD - Firman Yang Hidup

Living Word adalah Firman Tuhan yang hidup dan berkuasa. "Mengapa hidup dan berkuasa?" Karena perkataannya atau pesan berasal dari Allah yang hidup dan berkuasa. yang diberikan kepada kita umatNya....

IMAN BUKAN PERASAAN

Kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan, kita harus hidup berjalan dalam Iman. Orang percaya berjalan dalam iman bukan oleh perasaan. Rasa penting tetapi kita tidak boleh dikendalikan oleh perasaan....

AUDIO SERMON