DEVOTION
BERDAMAI DENGAN DIRI SENDIRI

Post :Minggu, 19 Agustus 2018 by : Mangatas Simanjuntak

Filipi 3:1-16

Kalau kita belum berdamai dengan diri sendiri, maka mudah sekali pikiran kita kacau, dan kata-kata pusing, bingung, sakit kepala dan stress akan mudah kita katakan. Sebagai langkah awal untuk kita bisa mendapatkan dan menemukan kekuatan pikiran adalah berdamai dengan diri sendiri. Berdamai dengan diri sendiri berarti mengalami pemulihan gambar diri sehingga dapat menerima diri kita sebagai mana adanya. Kita mau ada sebagai mana kita ada. Kita tidak perlu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kita pikirkan, karena hal ini membuat kita akan stress. Kita sebagai orang percaya yang sudah mengalami pembaharuan pikiran harus mengenal dan menerima diri dengan benar. Kita harus menyadari keterbatasan kita, sadar bahwa dihadapan Tuhan tidak merasa lebih baik, lebih hebat, atau lebih buruk dari orang lain, apa yang kita alami sekarang semata-mata karena anugerah Tuhan. Kita harus melatih pikiran kita untuk bisa menerima, bahwa hidup kita sekarang bisa punya nilai, punya makna, punya harga semata-mata oleh karena Kristus telah menebus kita dari kebinasaan kepada kehidupan kekal. Kristus telah memulihkan citra diri Ilahi yang telah rusak.

Kita harus berdamai dengan diri sendiri,menerima kita sebagaimana adanya, maka pikiran Kirstus oleh FirmanNya menguasai pikiran kita. Kita akan dapat melihat bahwa pikiran kita yang dipenuhi dengan pikiran Kristus, akan membawa kita kepada rencanaNya yang sempurna. Seperti bacaan kita hari ini apda ayat 7 dan 8, Paulus menyampaikan bahwa setelah mengalami pembaharuan pikiran dari yang dulu begitu duniawi dan lahiriah akhirnya sadar dan berkata,"apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia daripada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus."

. Karena itu gambar diri kita harus dibangun bukan pada perkara yang bersifat lahirah/duniawi tetapi kepada pengenalan akan Kristus yang mengubah hidup makin serupa dengan Dia. Kita pasti akan menjadi orang yang berbahagia dan diberkati Tuhan apabila kita terus membangun nilai diri berdasarkan pengenalan kita kepada Kristus, dan pikiran kita akan dipenuhi dengan damai sejahteraNya.

SHARE THIS PAGE TO

Get Visitor Counters
RECENT DEVOTION

Mengenal Gembala

Domba adalah hewan yang penurut dan ramah. Tadinya saya pikir hanya anjing yang bisa memiliki nama dan datang ketika kita memanggilnya. Ternyata domba juga demikian.

Bapa yang Baik, Bapa yang Sempurna

Alkitab mengajarkan bahwa, mengenal Tuhan dengan benar adalah hal yang begitu penting. Dalam Hosea 4:6 dikatakan: Umat-Ku binasa

Yesus Sang Raja Kemuliaan

Raja Kemuliaan itu adalah Tuhan Yesus, sebagai sang Mesias. Ketika Yesaya berbicara tentang kedatangan Yesus Kristus, ia bernubuat bahwa di dalam Kristus kemuliaan Allah akan dinyatakan untuk dilihat

Kasih Sejati

Secara umum orang merayakan Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2016. Apakah peringatan ini sebagai suatu hal yang positif? Valentine diambil dari nama seorang pendeta katolik yan bernama Santo Valentinus.

VIDEO