DEVOTION
BAGAIMANA KIRBAT ITU DIBUAT

Post : Rabu, 11 Juni 2020

Matius 9:16-17

Mungkin banyak kita bertanya bagaimana di zaman dulu orang membuat kantong kulit atau kirbat? . Kirbat adalah kantong/pundi yang terbuat dari kulit domba utuh. Wadah dari kulit binatang ini terutama digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu untuk tempat air, minyak, susu, anggur, mentega, keju, dan untuk wine (anggur). Kirbat dbuat, dimulai dari seekor domba harus disembelih, darahnya tercurah, lalu dibuang bulu-bulunya dan disamak kulitnya.

Kemudian, kulit domba itu harus dicelup atau dicuci didalam air agar kulitnya menjadi lemas dan bersih, kemudian ia dijemur dan kulit itu harus diolesi minyak dan proses ini berulang-ulang sampai dihasilkan kulit yang baik dan siap dijadikan sebuah kirbat yang dapat menampung anggur yang baru.

Demikian juga hidup kita, bagaikan sebuah kirbat yang baik, melalui karya penebusan Yesus, anak domba Allah, dikayu salib. DarahNya tercurah dan Ia disiksa ganti kita umatNya, kemudian kita ditenggelamkan dalam air (melalui baptisan) supaya hidup kita yang lama berlalu, dan hidup yang baru sudah datang.

Tidak sampai disini, kita terus mengalami minyak kudusNya melalui kuasa urapanNya, supaya hidup kita menjadi kirbat (kantong) yang terbaik yang dipakai oleh Allah, untuk menyampaikan kabar baik bagi banyak orang. Untuk menjadi kirbat yang sempurna harus dimulai dengan karya Kristus dikayu Salib. Kuasa penebusanNya yang membuat kita layak menjadi anak-anakNya.

Sudahkah hatimu menjadi sebuah kirbat yang layak dan selalu baru bagiNya?

Symptoma®
VIDEO